Home » Bupati Safaruddin Imbau Pers Adaptif dengan Kemajuan Zaman

Bupati Safaruddin Imbau Pers Adaptif dengan Kemajuan Zaman

Redaksi
2 menit baca

JAKARTA, KP – Bupati Limapuluh Kota Safaruddin mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024 kepada seluruh insan pers di Tanah Air, khususnya Luak Limo Puluah. Ucapan itu disampaikannya saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 di Jakarta, Selasa (20/2).

Sejumlah insan pers se-Indonesia terlihat memadati pelataran Econventional Hall Ecopark Ancol dalam peringatan hari besar pers nasional bertemakan ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa’.

HPN 2024 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, presiden mengucapkan terimakasih kepada pers yang telah mengawal pemilu dengan baik serta mengawal masyarakat untuk memberikan edukasi informasi dengan baik.

Presiden mengatakan, pers memiliki tantangan besar di era digital. Untuk itu, pemerintah berkomitmen dalam memberikan ruang kebebasan dengan menjunjung tunggi kebebasan pers. Jokowi juga berpesan agar pers tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi dan menjadi rumah bersama untuk informasi.

Sementara, Bupati Safaruddin mengatakan, iklim pers di Limapuluh Kota saat ini cukup sehat, kebebasan pers dijunjung tinggi, dan telah berkontribusi positif dalam membangun daerah. Menurutnya, kemajuan zaman di era digital harus menjadi perhatian pers sebagai suatu tantangan sekaligus sebagai peluang.

“Pers harus adaptif dengan kemajuan teknologi dan zaman. Teknologi telah mengubah hampir di semua sektor kehidupan, termasuk dunia jurnalistik. Teknologi akan mempermudah segalanya, namun di sisi lain bisa menjadi ancaman bila tidak dimanfaatkan dengan bijak. Maka, tugas insan pers adalah memberikan edukasi dan literasi yang baik bagi masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap pers wajib menyampaikan informasi yang benar, mendidik dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Terakhir ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mewujudkan masyarakat yang madani, beradat, dan berbudaya.

“Kami terbuka menerima saran dan kritik yang membangun, tapi tentu saja kritikan yang disampaikan, hendaknya dengan bahasa yang baik dan santun, sesuai kode etik jurnalistik, agar meminimalisir kegaduhan ditengah-tengah masyarakat,” kata Bupati Safaruddin didampingi Kepala Diskominfo Limapuluh Kota Joni Amir.

Turut hadir dalam peringatan HPN itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan sejumlah pejabat negara lainnya. (dst)

Jangan Lewatkan