Home » Muara Batang Sikabau Air Bangis Makin Dangkal, Nelayan Resah

Muara Batang Sikabau Air Bangis Makin Dangkal, Nelayan Resah

Redaksi
1 menit baca

PASAMAN BARAT, KP – Pendangkalan yang terjadi di Muara Batang (sungai) Sikabau Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat menimbulkan keresahan bagi nelayan. Sebab, mereka sulit untuk melaut, terutama ketika pasang surut.

“Ketika pasang surut, kapal-kapal nelayan tidak bisa melaut. Begitu juga kapal sulit untuk berlabuh karena air dangkal,” kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pasaman Barat, Darnil Minggu (11/2).

Menurutnya, keluhan itu sudah disampaikan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi dengan menyuratinya secara resmi namun hingga saat ini belum ada tanggapan.

“Kami berharap agar dilakukan pengerukan terhadap Muara Air Bangis. Sebab, dikhawatirkan apabila hal ini terus dibiarkan, akan banyak nelayan yang tidak bisa melaut karena kapalnya tersangkut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sekitar 200 unit kapal nelayan yang bersandar di Muara Sungai Batang Sikabau. Muara itu juga merupakan satu-satunya akses bongkar muat barang dan penumpang yang hendak menuju ke Pulau Panjang dan sebaliknya.

“Muara ini satu-satunya akses dermaga yang digunakan masyarakat Pulau Panjang ataupun wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Panjang dan Pulau Pigago, bahkan ke Teluk Tapang,” sebutnya.

“Oleh karena itu kami sangat berharap agar kiranya pemerintah daerah dapat membantu memfasilitasinya ke pemerintah provinsi agar hal ini dijadikan perhatian utama, karena ini dampaknya terhadap kesejahteraan hidup para nelayan,” pungkasnya. (rom)

Jangan Lewatkan