Home » Tanah Datar Pertama di Sumbar Serahkan LKPD 2023 ke BPK

Tanah Datar Pertama di Sumbar Serahkan LKPD 2023 ke BPK

Redaksi
2 menit baca

BATUSANGKAR, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (27/2) kemarin, di kantor BPK setempat.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, secara langsung menyerahkan LKPD Tahun 2023 kepada Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Arif Agus. Penyerahan LKPD ini merupakan yang pertama di Provinsi Sumbar.

Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran BPK Sumbar beserta tim yang telah menerima dan menjadwalkan pertemuan untuk menyerahkan LKPD tahun 2023.

Ia mengapresiasi kerja keras Kepala BKD dan seluruh SKPD di lingkup Pemkab Tanah Datar, sehingga penyerahan LKPD bisa dilakukan dengan cepat.

LKPD tahun 2023 disusun dengan mempedomani peraturan perundang-undangan bidang keuangan dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, yang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Informasi.

Bupati juga menekankan bahwa penyerahan LKPD tersebut menunjukkan komitmen Pemkab Tanah Datar dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah kepada masyarakat dan entitas lainnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Arif Agus, menyebutkan, penyerahan LKPD Tahun 2023 Pemkab Tanah Datar sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003.

Arif Agus juga menyebutkan bahwa penyerahan LKPD tahun anggaran 2023 oleh Pemkab Tanah Datar merupakan yang pertama dan tercepat di Sumbar.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, yang menetapkan bahwa laporan keuangan harus disampaikan kepada BPK paling lambat tiga bulan setelah tahun berakhir.

Arif Agus juga mengapresiasi kesungguhan dan keseriusan Bupati Eka Putra dan seluruh jajaran Pemkab Tanah Datar dalam menyelenggarakan pemerintahan, yang tercermin dari cepatnya penyelesaian LKPD sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan.

Sebelum menerima LKPD, BPK Perwakilan Sumbar telah melakukan pemeriksaan awal selama satu bulan. Berkat kerjasama semua pihak di lingkungan Pemkab Tanah Datar, pemeriksaan berjalan lancar, dan semua data yang diperlukan untuk pemeriksaan dapat diakses dengan mudah oleh tim audit.

Arif Agus juga menyebutkan bahwa Kabupaten Tanah Datar memiliki skor tindak lanjut rekomendasi per semester II tahun 2023 sebesar 83 persen, yang merupakan nilai yang cukup baik.

Ia berharap agar skor tersebut dapat ditingkatkan di masa yang akan datang dan semoga Pemkab Tanah Datar kembali mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sesuai harapan. (nas)

Jangan Lewatkan