Home » 92 Kendaraan dengan Knalpot Brong Diamankan Polres Payakumbuh

92 Kendaraan dengan Knalpot Brong Diamankan Polres Payakumbuh

Redaksi
1 menit baca

PAYAKUMBUH, KP – Seiring dengan maklumat Kapolda Sumbar yang melarang pemakaian knalpot tidak sesuai standar atau yang dikenal dengan knalpot brong, Satuan Lalu Lintas Polres Payakumbuh secara intensif melaksanakan razia.

“Selama bulan Januari 2024, telah diamankan sebanyak 92 unit kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang menggunakan knalpot brong,” kata Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari melalui Kasat Lantas AKP Arwisman, Rabu (31/1).

Ia merinci, 92 unit kendaraan bermotor yang diamankan terdiri dari 91 unit roda dua dan 1 unit roda empat. Kendaraan-kendaraan itu tertangkap saat razia rutin di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

“Pengendara yang kami amankan mayoritas berusia antara 15 hingga 25 tahun,” tambahnya.

Arwisman menyatakan, pemilik kendaraan yang terbukti menggunakan knalpot brong langsung ditilang. Kendaraan yang menjadi barang bukti lalu diamankan di Mapolres Payakumbuh.

Ia menegaskan bahwa kendaraan tersebut dapat dikembalikan kepada pemiliknya setelah knalpot diganti dengan yang standar. Selain itu, kelengkapan lain yang tidak sesuai dengan aturan juga harus dipenuhi.

“Tercatat sudah 76 kendaraan bermotor yang diambil oleh pemiliknya,” ungkapnya.

Dalam upaya mengurangi penggunaan knalpot brong pada kendaraan, AKP Arwisman menyatakan bahwa Satlantas Polres Payakumbuh intens melakukan sosialisasi terkait imbauan untuk tidak mengganti knalpot kendaraan dengan yang tidak sesuai standar.

“Kendaraan yang menggunakan knalpot brong dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, konflik antar kelompok, dan menciptakan rasa tidak aman bagi pengguna jalan lainnya,” ucapnya sembari mengimbau seluruh masyarakat, khususnya di Kota Payakumbuh, untuk tidak lagi menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi. (dst)

Jangan Lewatkan