Home » Satpol PP Padang Minta Pemilik Bongkar Bangli di Pinggir Banda Bakali

Satpol PP Padang Minta Pemilik Bongkar Bangli di Pinggir Banda Bakali

Redaksi
1 menit baca

PADANG, KP – Satpol PP Kota Padang menurunkan tim mediasi ke Kelurahan Kubu Parak Karakah dan Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Selasa (10/1). Kedatangan tim mediasi tersebut dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemilik bangunan liar (bangli) di sepanjang bandar bakali di kawasan itu serta memberikan surat teguran untuk membongkar sendiri bangunannya. Keberadaan bangli tersebut melanggar Perda Nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman masyarakat. “Sebelumnya pihak kelurahan telah memberikan surat teguran 1, 2, dan 3 kepada pemilik bangunan liar tersebut. Namun hingga hari ini (kemarin – red) masih ada sekitar 19 pemilik bangunan yang masih belum membongkar bangunannya, sehingga kita datangkan tim mediasi,” kata Kasat Pol PP Kota Padang, Mursalim.

Dijelaskannya, Satpol PP harus tetap mengutamakan dan mengedepankan tindakan secara pesuasif dan sikap yang humanis kepada masyarakat yang melanggar perda.

“Kita tetap ingatkan pemilik bangunan secara kekelurgaan atas pelanggaran perda yang mereka lakukan. Namun jika (bangi) tidak juga dibongkar pemlik, baru kita bersama-sama membantu untuk membongkarnya,” kata Mursalim.

Ia tidak ingin adanya gangguan trantibum akibat masyarakat yang mendirikan bangunan liar di sepanjang tepi banda bakali tersebut.

“Selain melanggar perda, keberadaan bangli di tepi banda bakali tersebut juga rentan bencana,” tuturnya.

Menurutnya, untuk menciptakan Kota padang yang tertib, tidak bisa dilakukan petugas saja namun butuh dukungan dari semua lapisan masyarakat.

“Sudah saatnya masyarakat lebih bijak lagi dalam mencari tempat berjualan, jangan gunakan fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya,” kata Mursalim. (mas)

Jangan Lewatkan