Home » AKBP-STIE”KBP” Padang Bersiap Jadi Institut

AKBP-STIE”KBP” Padang Bersiap Jadi Institut

Redaksi
4 menit baca

Ketua YLPNSB Daswir Siddik

PADANG, KP – Dies Natalis Akademi Keuangan dan Perbankan (AKBP) ke-51 dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan Perbankan dan Pembangunan (STIE”KBP”) ke-38, jadi momen dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan yang dilaksanakan di perguruan tinggi swasta (PTS) ternama tersebut.

Ditargetkan dalam tahun ini, kampus yang berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional (YLPN) Sumatera Barat (Sumbar) itu berubah status menjadi Institut Ilmu Ekonomi Keuangan, Bank dan Pembangunan.

Alumni AKBP STIE”KBP”

“Yayasan bersama pimpinan AKBP STIE “KBP” serta civitas akademika terus berbenah dan bekerja keras agar perguruan tinggi ini semakin dicintai dan diminati masyarakat Sumbar maupun dari luar Sumbar ,” jelas Ketua YLPNSB Daswir Siddik disela-sela kegiatan dies natalis yang berlangsung di kampus tersebut, Kamis (9/3/2023).

Terkait perubahan status ke institut diharapkan tahun ini dapat terwujud, pasalnya saat ini tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pemotongan kue Dies Natalis

“Pasca berubah menjadi institut, nantinya akan ada penambahan dua program studi (prodi) di bidang hukum yang berkaitan dengan masalah ekonomi, keuangan, perbankan dan pembangunan,” jelas Daswir Siddik.

Penyerahan kue Dies Natalis

Disamping itu, pihaknya terus menyiapkan sarana dan prasarana, meningkatkan mutu staf pengajar, ketersediaan ruang kuliah yang nyaman bagi mahasiswa. Disamping itu juga ditargetkan dalam tahun 2023 ini bakal dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Hall AKBP STIE “KBP” di area kampus yang beralamat di Jalan Khatib Sulaiman, Padang tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini AKBP STIE “KBP” sudah memiliki ‘adik’ yakni SMK TI Diamer yang berada di jalan raya Padang Bukittinggi Koto Baru Kabupaten Tanah Datar. Dimana untuk operasionalnya juga segera diresmikan.

Foto bersama Ketua Yayasan, Pimpinan dan Alumni AKBP STIE “KBP”

“SMK ini bagian tak terpisahkan dari AKBP STIE”KBP” artinya saling berkesinambungan karena berada pada satu yayasan. Lulusan SMK tersebut juga dapat melanjutkan pendidikan ke kampus ini nantinya,” tambahnya.

Di tempat yang sama Direktur AKBP, Dr. Afriyeni menyampaikan, dies natalis digelar untuk memotivasi dan menyemangati para mahasiswa, terutama terus bergerak membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyiapkan lulusan berdaya saing.

Foto bersama disela-sela acara Dies Natalis AKBP STIE “KBP”

“Sejak tahun 1972 hingga sekarang kampus ini tetap eksis, dan menjadi tujuan bagi masyarakat untuk melanjutkan studinya. Bahkan masyarakat dari luar Sumbar cukup banyak melanjutkan pendidikan di kampus ini. Sebab, untuk kualitas kita tidak kurang dari perguruan tinggi negeri (PTN),” jelasnya.

Sementara itu Ketua STIE “KBP”, Febryandhie Ananda mengatakan dies natalis diisi dengan berbagai akademik dan non-akademik. Untuk akademik, diawali dengan peluncuran empat buku dari dosen AKBP dan STIE KBP, yakni manajemen 3 buku dan akuntansi 1 buku.

Kemudian untuk non-akademik dilaksanakan senam pagi, pembukaan, pemotongan kue dan pelepasan balon, lomba tarik tambang, pacu karung, pacu kelereng dan goyang balon.

Selain itu, juga digelar lomba penampilan bakat, seperti randai, silat, tari. Serta ada juga goro dan anjangsana ke panti asuhan. Dies Natalis ini ditutup dengan seminar nasional dengan pembicara Kepala OJK Sumbar Yusri. (nda)

Jangan Lewatkan