Home » MTsN 1 Padang Buka PPDB 2023 Melalui Lima Jalur

MTsN 1 Padang Buka PPDB 2023 Melalui Lima Jalur

Redaksi
2 menit baca

PADANG, KP – MTsN 1 Padang resmi membuka Pendafaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024. Pendaftaran dibuka melalui lima jalur yakni Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik, Tahfizh, Afirmasi dan Reguler.

Pendaftaran siswa baru untuk kelima jalur itu dibuka secara ofline atau langsung dan akan dilaksanakan selama empat hari, yakni 3-6 April 2023 pukul 08.00-12.00 WIB di gedung MTsN 1 Padang, Jl. Adinegoro Nomor 5 Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah.

Adapun jalur prestasi terdiri dari dua jenis, yakni akademik dan non akademik. Prestasi akademik dengan ketentuan rangking I, II, atau III secara berturut-turut dari kelas IV-V dan VI, lalu juara 1, 2, dan 3 bidang sains, KSM, O2SN, atau olimpiade lainnya perorangan atau group minimal tingkat kabupaten/kota dibuktikan dengan sertifikat dan atau medali yang aslinya.

Lalu, prestasi non akademik dengan ketentuan juara I, II, atau III dalam bidang olahraga, seni, tahfizh, puisi, pidato, dan lain-lain perorangan atau group minimal tingkat kabupaten/kota dibuktikan dengan sertifikat dan atau medali yang aslinya.

Kemudian, pendaftaran jalur tahfizh disyaratkan memiliki ijazah/syahadah/sertifikat minimal 3 Juz dengan status hafalan sempurna dan utuh.

Sedangkan pendaftaran jalur afirmasi dibuka bagi yang calon pendaftar yang memiliki kartu KIP/PKH/, dan KKS.

Untuk pendaftaran jalur prestasi, tahfizh dan afirmasi yang dinyatakan lulus administrasi langsung mengikuti tes baca Al-Qur’an, wawancara dan tes akademik. Hasil seleksi akan diumumkan pada 12 April 2023 dan pendaftaran ulang 13-15 April 2023 dengan mengisi formulir dan melengkapi semua syarat pendaftaran ulang.

Kepala MTsN 1 Padang Isrizal didampingi ketua panitia PPDB Hj. Maryani Sastera dan sekretaris Humaira Lubis menyampaikan, PPDB akan dilakukan secara transparan dan terbuka.

“Kami akan bekerja secara profesional dan maksimal untuk melayani masyarakat atau para calon orang tua dan calon peserta didik baru. Proses PPDB merujuk pada Keputusan Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 181 Tahun 2023 tentang Juknis PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024,” kata Isrizal.

Ia menekankan, PPDB MTsN 1 Padang akan menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalitas calon peserta didik dengan kelulusan murni mengacu pada kemampuan siswa.

Sementara, ketua panitia PPDB MTsN 1 Padang Hj. Maryani Sastera menyampaikan harapannya agar semua proses PPDB berjalan dengan baik sukses, aman, tertib, dan lancar. Ia menjelaskan, informasi lebih lanjut tentang PPDB MTsN 1 Padang dapat dilihat di akun Facebook mtsnsatuok, Instagram MTsN 1 Padang Ok, website http://mtsn1kotapadang.sch.id, channel YouTube MTsN 1 Padang TV. (ak/*)

Jangan Lewatkan