Home » Sejumlah SD di Payakumbuh Perpanjang PPDB Akibat Kekurangan Murid

Sejumlah SD di Payakumbuh Perpanjang PPDB Akibat Kekurangan Murid

Redaksi
1 menit baca

PAYAKUMBUH, KP – Meski sebagian besar Sekolah Dasar (SD) di Kota Payakumbuh telah menutup Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025, sejumlah sekolah masih membuka penerimaan karena belum mencukupi jumlah murid baru untuk kelas 1. Beberapa sekolah bahkan jauh dari memenuhi kuota yang dialokasikan.

Dari 28 kuota murid per kelas, ada sekolah yang hanya menerima enam pendaftar. Oleh karena itu, proses PPDB di beberapa SD masih diperpanjang. Kekurangan murid baru ini juga terjadi di sekolah-sekolah di pusat kota.

Kepala SDN 17 Payakumbuh, Maulida Yenni mengatakan, jadwal PPDB seharusnya sudah berakhir, namun perpanjangan dilakukan karena masih kurangnya murid.

“Kami hanya menerima enam murid dari kuota 28 murid baru kelas 1,” ujarnya, Jumat (5/7).

Untuk mengatasi kekurangan murid, berbagai upaya telah dilakukan, seperti menggratiskan seragam sekolah dan mendatangi rumah warga untuk mendata calon siswa.

“Namun, langkah ini belum banyak membantu,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril menyebut, sekolah diperbolehkan memperpanjang pendaftaran hingga dimulainya Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran baru. “

PPDB tahap pertama ditutup awal Juni lalu dan sekolah yang kuotanya belum terpenuhi diberikan tahap kedua atau perpanjangan,” kata Dasril.

PIhaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kekurangan murid, termasuk menertibkan PPDB jalur zonasi dan memberikan pendampingan.

“Sekolah harus melakukan inovasi dan promosi agar menarik minat masyarakat,” katanya.

Beberapa SD yang mengalami kekurangan murid antara lain SDN 27, SDN 39, SDN 17, SDN 54, SDN 60, dan SDN 38 Payakumbuh. Pihaknya tetap optimis sekolah-sekolah tersebut akan terpenuhi murid barunya menjelang tahun ajaran baru yang akan dimulai dua pekan lagi. (dst)

Jangan Lewatkan