Home » INGGRIS VS SLOVENIA

INGGRIS VS SLOVENIA

Bukan Laga Mudah bagi ‘Tiga Singa’

Redaksi
3 menit baca

JERMAN, KP – Inggris bakal menghadapi Slovenia pada laga pamungkas Grup C EURO 2024, di Stadion Cologne, Rabu dinihari (26/6). Di grup C ini, persaingan siapa yang bakal lolos 16 besar dan siapa yang tereliminasi masih terbuka sangat lebar.

Bahkan, Inggris yang saat ini tengah memimpin klasemen dengan 4 poin belum dapat dipastikan melaju. Slovenia ada di peringkat 3 dengan 2 angka. The Dragons — julukan Slovenia punya angka yang sama dengan runner-up Denmark dan unggul 1 poin dari juru kunci Serbia.

Bagi Inggris, syarat mereka untuk melaju ke 16 besar EURO 2024 terbuka cukup lebar. Asal tidak kalah di laga ini, pasukan Gareth Southgate akan lolos fase knockout walau belum tentu menjadi juara grup. Namun, dengan penampilan yang amburadul saat melawan Serbia dan Denmark, Harry Kane dan kolega layak waspada.

Melihat situasi di klasemen Grup C, syarat ‘Tim Tiga Singa’ — julukan Inggris untuk lolos sebagai juara grup adalah dengan mengalahkan Slovenia. Kalaupun imbang, The Three Lions juga bisa menjadi juara grup dengan hasil imbang asalkan Denmark tidak menang lawan Serbia. Syarat lainnya, jikapun Denmark menang namun jangan sampai selisih gol atau produktivitas golnya melebihi Inggris.

Di sisi lain, Inggris akan lolos sebagai runner-up apabila imbang dengan Slovenia, sedangkan di partai lain Denmark menang dengan margin minimal 2 gol. Posisi runner-up juga bisa didapat The Three Lions apabila kalah dari Slovenia, sedangkan Denmark tidak mengalahkan Serbia. Tapi, jika Slovenia dan Denmark menang, Inggris akan menempati peringkat 3 Grup C di klasemen akhir.

Satu hal yang dapat dipastikan, Inggris tidak akan menjadi juru kunci di klasemen akhir Grup C. Berbekal 4 poin pun, Jude Bellingham dan kawan-kawan kemungkinan besar masih bisa lolos dari jalur salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Bagi Slovenia, syarat bagi mereka untuk lolos adalah kemenangan. Tambahan 3 poin bisa membawa The Dragons menjadi juara grup atau runner-up tergantung hasil laga Denmark vs Serbia. Jika Slovenia menang, sedangkan Denmark gagal menang, tim asuhan Matjaž Kek yang juara grup.

Namun, jika Slovenia dan Denmark sama-sama menang, keduanya akan lolos karena memiliki 5 poin. Urusannya tinggal siapa yang menjadi juara grup dan runner-up. Lantaran bermain imbang 1-1 saat bertemu, aturan ‘head to head’ tidak berlaku. Penentuan akan tertuju pada selisih gol, lalu jumlah gol kedua tim dari semua pertandingan Grup C.

Inggris diperkirakan tidak akan mudah mengalahkan Slovenia. Performa The Three Lions dalam 2 laga awal tidak menampakkan mereka adalah tim unggulan sekaligus runner-up EURO 2020. Dengan kondisi itu, Slovenia punya peluang setidaknya mencuri satu poin dari Inggris.

Permainan menyerang The Dragons cukup menarik ditonton sejauh ini. Dengan 11 tembakan per laga dan 3 shots on target per laga, Slovenia bermain cukup ofensif. Kuncinya adalah mereka harus bermain lebih efektif.

CATATAN PERTEMUAN KEDUA TIM

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018

05-10-2017: Inggris vs Slovenia (1-0)

11-10-2016: Slovenia vs Inggris (0-0)

KUALIFIKASI EURO 2016

14-06-2015: Slovenia vs Inggris (2-3)

15-11-2014: Inggris vs Slovenia (3-1)

PIALA DUNIA

23-06-2010: Slovenia vs Inggris (0-1)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guéhi, Kieran Trippier; Declan Rice, Trent Alexander-Arnold; Jude Bellingham, Bukayo Saka, Phil Foden; Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

Slovenia (4-3-3): Jan Oblak; Žan Karničnik, Vanja Drkušić, Jaka Bijol, Erik Janža; Adam Gnezda Čerin, Petar Stojanović, Timi Max Elšnik; Andraž Šporar, Jan Mlakar, Benjamin Šeško.

Pelatih: Matjaž Kek. (tti)

Jangan Lewatkan