Home » Majelis Rektor Imbau Perguruan Tinggi Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

Majelis Rektor Imbau Perguruan Tinggi Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

Redaksi
2 menit baca

PADANG, KP – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyatakan sikap untuk pentingnya menjaga kondusifitas berbangsa dan bernegara menghadapi Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ketua MRPTNI Prof. Ganefri, Ph.D, di Ruang Sidang Senat, Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (8/2).

“Pernyataan sikap ini merupakan hasil pemikiran 145 Rektor Perguruan Tinggi (PTN) di Indonesia yang terdiri dari 76 PTN, 44 Politeknik Negeri, dan 25 Universitas Islam Negara (UIN),” kata Ganefri.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Unand, Direktur Politeknik Negeri Padang, Direktur Politeknik Negeri Payakumbuh, Rektor ISI Padang Panjang, dan Rektor UIN Imam Bonjol Padang.

Berikut kutipan isi pertanyaan MRPTNI:

1) Agar perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga netralitas dan imparsialitas terhadap kontestasi Pemilihan Umum R.I. 2024, serta memelihara kondusifitas dan semangat demokrasi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2) Senantiasa menempatkan Kampus Perguruan tinggi sebagai lembaga kontrol sosial melalui mimbar akademik yang bermartabat, menjunjung tinggi kebebasan berpendapat melalui mimbar aspirasi yang etik, santun, dan bertanggung jawab.

3) Menjunjung tinggi integritas dan etika akademik dengan bersikap terbuka, menggunakan data dan informasi yg benar dan obyektif, serta menghindari opini yg tidak berdasar, memaksakan kehendak, apalagi menghasut.

4) Agar segala bentuk perbedaan pendapat maupun sikap politik, tetap berada dalam koridor Negara Hukum berdasarkan konstitusi dan peraturan perUndang-Undangan Negara Republik Indonesia, yang dilandasi semangat persaudaraan di antara seluruh elemen bangsa.

5) Agar seluruh elemen bangsa Indonesia berpartisipasi aktif mendukung kelancaran seluruh tahapan proses Pemilu R.I. 2024, sehingga tercipta Pemilu yang berintegritas melahirkan pemimpin yang mampu mewujudkan masa depan bangsa yang adil, makmur, berdaulat dan bermartabat sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa.

6) Agar seluruh elemen bangsa Indonesia senantiasa menempatkan kampus perguruan tinggi sebagai mimbar akademik yang menjunjung tinggi etika dan moralitas dalam penyampaian aspirasi dan menghindarkan dari segala bentuk kegiatan politik praktis. (fai)

Jangan Lewatkan