Home » Angkatan Kerja Diminta Manfaatkan Setiap Peluang di Dunia Kerja

Angkatan Kerja Diminta Manfaatkan Setiap Peluang di Dunia Kerja

Redaksi
1 menit baca

PADANG, KP – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan jumlah dan kualitas milenialpreneur dan womanpreneur di Sumbar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, meminta seluruh angkatan kerja untuk memanfaatkan setiap peluang di dunia kerja.

Dalam acara Sosialisasi Program Unggulan Pemprov Sumbar di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang Rabu (21/2), Gubernur Mahyeldi menyatakan bahwa Pemprov Sumbar terus memberikan dukungan kepada angkatan kerja. Program tersebut mencakup penganggaran melalui berbagai program di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pelatihan yang diberikan untuk angkatan kerja di Sumbar bertujuan untuk mencetak entrepreneur baru, meningkatkan performa dan produktivitas entrepreneur yang telah memulai usaha, serta memenuhi kebutuhan dunia kerja dengan pasokan tenaga kerja yang terampil, andal, dan memiliki kapasitas untuk bersaing baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Gubernur Mahyeldi juga menyoroti pentingnya mentalitas dan keinginan dari angkatan kerja itu sendiri.

Menurutnya, peluang usaha dan kesempatan kerja sangatlah terbuka, terutama di sektor peternakan dan perdagangan. Pemerintah juga menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri.

Selain itu, Gubernur Mahyeldi juga mengapresiasi upaya dari pemerintah pusat dan pihak swasta yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbar dalam memberikan pelatihan keterampilan bagi angkatan kerja.

Sinergi ini diharapkan dapat membantu menekan angka pengangguran di Sumbar.

Sementara itu, Kepala BPVP Padang, Eka Cahyana, menekankan pentingnya tindak lanjut setelah pelatihan.

Dia mengungkapkan bahwa pembimbingan dan pembinaan pascapelatihan sangatlah penting bagi para angkatan kerja.

BPVP Padang sendiri berkomitmen untuk memberikan akses pelatihan tanpa batasan umur, kondisi, dan syarat ijazah.

Di kesempatan yang sama, BPVP Padang juga menjalin kerjasama dengan Transmart Padang untuk penempatan magang angkatan kerja. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Kepala BPVP Padang dan General Manager Transmart Padang, yang disaksikan oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah. (fai)

Jangan Lewatkan