Home » Ketum P-KJI: Kolaborasi Pers dan Pemerintah Ciptakan Masyarakat yang Peduli Kemajuan Bangsa

Ketum P-KJI: Kolaborasi Pers dan Pemerintah Ciptakan Masyarakat yang Peduli Kemajuan Bangsa

PERINGATI HARI PERS NASIONAL

Redaksi
2 menit baca

PADANG, KP – Sebagai pilar keempat demokrasi, pers harus menjalankan peran dalam mengawal jalannya roda pemerintahan. Sehingga, memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Kolaborasi Jurnalis Indonesia (P-KJI) Jongguk Marasi Siagian dalam memaknai Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada Jumat lalu (9/2).

“Sebagai pilar keempat demokrasi, pers memegang peran strategis dalam menjaga keseimbangan antar pilar penyelenggara negara dan realitas yang terjadi di masyarakat,” kata Ketum P-KJI yang akrab dipanggil Opung ini saat diwawancarai, Minggu (11/9).

Dia mengatakan, pers mesti menjadi garda terdepan dalam menjaga stabilitas sosial dalam keberagaman masyarakat di Indonesia, tentunya di bawah panji dasar negara Pancasila.

“Kolaborasi pemerintah dengan pers akan menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan peduli akan kemajuan bangsa ke depan,” ulasnya.

Owner KORAN PADANG ini juga mengajak seluruh insan pers untuk turut serta mewujudkan pemilu 2024 yang damai dan demokratis. Pers, sebutnya, memiliki peran penting dalam menjaga tensi politik agar tetap kondusif di momen pesta demokrasi. Untuk itu, dia mendukung tema HPN 2024 ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa’.

Dia juga mengimbau segenap pengurus dan anggota P-KJI yang tersebar di seluruh Indonesia untuk terus bersikap netral dalam mengawal pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

“Pesta demokrasi (pemilu-red) sudah di depan mata, para jurnalis harus netral dan jangan berpihak pada siapapun. Jadilah awak media yang professional dengan menjalankan tugas sesuai kode etik jurnalistik,” tegasnya.

Menurutnya, pers harus berperan sebagai kontrol sosial, membangun demokrasi yang sehat dan kuat, kemudian ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan berperan dalam upaya menegakkan supremasi hukum sebagaimana diamanatkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Saya minta kepada semua pengurus PKJI provinsi hingga kabupaten/kota di seluruh penjuru tanah air untuk mengawal pesta demokrasi yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Mari bersama kita ciptakan pemilu yang aman, damai, hindari dan tangkal pemberitaan hoax,” pungkasnya. (fai)

Jangan Lewatkan