Home » 53 PPPK Padang Panjang Jalani Orientasi di PPSDM Kemendagri

53 PPPK Padang Panjang Jalani Orientasi di PPSDM Kemendagri

Redaksi
1 menit baca

PADANG PANJANG, KP – Sebanyak 53 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam Formasi Guru, Teknis, dan Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang mengikuti Orientasi di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi, Kabupaten Agam, Selasa (9/7).

Acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Dr. Winarno, dan diikuti 52 PPPK Tahun 2023 serta satu PPPK Tenaga Teknis Tahun 2022. Orientasi berlangsung dari 8 hingga 12 Juli 2024.

Winarno menekankan bahwa orientasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada PPPK yang baru diangkat agar dapat memahami tugas dan fungsi ASN, serta mengetahui etika dan nilai yang berlaku di instansi pemerintah.

“Pengangkatan PPPK bertujuan untuk memenuhi kebutuhan aparatur negara yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, serta kolusi dan nepotisme,” ujarnya.

Mayoritas dari 53 PPPK yang terpilih telah berpengalaman sebagai Tenaga Non-ASN di lingkungan Pemko Padang Panjang, sementara sebagian besar lainnya direkrut melalui jalur umum.

“Sebagai PPPK dengan beragam latar belakang, mereka perlu mendapatkan pembekalan untuk menyamakan dan menyempurnakan pemahaman mengenai tugas dan fungsi ASN, serta nilai dan etika yang harus dipatuhi di instansi pemerintah,” tambahnya.

Peserta orientasi diberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika, serta dasar-dasar sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi. Hal ini bertujuan agar mereka mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu secara profesional.

“Kami mendorong untuk menumbuhkan disiplin dan etos kerja yang tinggi, terus berinovasi, dan berkontribusi, sehingga mereka dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas diri dalam pelayanan di instansi tempat mereka bertugas,” harap Winarno. (kom)

 

Jangan Lewatkan