Home » Mengulang Kenangan Manis

Mengulang Kenangan Manis

Redaksi
2 menit baca

JERMAN, KP – Duel Belanda vs Inggris akan tersaji dalam pertandingan semifinal Euro 2024. Laga tersebut dijadwalkan berlangsung di BVB Stadion, Dortmund, Jerman, Kamis dinihari (11/7), mulai pukul 02.00 WIB.

Kedua kubu tampil tidak meyakinkan sepanjang turnamen, terutama Inggris. Tetapi, kini mereka sama-sama tinggal selangkah lagi menuju final Piala Eropa.

Inggris dan Belanda sudah 28 tahun tak berjumpa di turnamen besar. Mengesampingkan partai uji coba dan UEFA Nations League (UNL), kali terakhir kedua kubu berjumpa pada ajang resmi adalah di EURO 1996. Kala itu, The Three Lions menaklukkan De Oranje lewat skor 4-1.

Bintang Inggris, Jude Bellingham baru lahir 7 tahun setelah kemenangan fantastik itu. Akan tetapi, dalam partai yang berlangsung lebih dari seperempat abad lalu, sang pelatih The Three Lions saat ini, Gareth Southgate menjadi salah satu pemain dalam laga itu. Tentunya, Southgate punya motivasi untuk mengulang sejarah manis sekaligus melakukan ‘penebusan’.

Pasalnya, pada EURO 1996 itu, Southgate dianggap sebagai salah satu penyebab tersingkirnya Inggris dari Jerman di semifinal karena ia jadi satu-satunya eksekutor adu penalti yang gagal membobol gawang De Oranje.

Sebaliknya, nostalgia lama agaknya juga ingin dibawa Belanda. Pelatihnya, Ronald Koeman adalah bagian dari kemenangan De Oranje di EURO 1988 Jerman. Kembali ke Negeri Panzer, Koeman semakin dekat untuk mengulang kisah lama. Lantas, kenangan siapa yang akan terulang?

Catatan penting jelang laga semifinal ini, Inggris dan Belanda belum berjumpa tim unggulan di fase gugur EURO 2024. Inggris melewati Slovakia lewat keajaiban di injury time. Mereka lantas lolos dari hadangan Swiss melalui adu penalti.

Sebaliknya, Belanda secara meyakinkan menyingkirkan Rumania lewat skor 3-0 di 16 besar. Di fase berikutnya, De Oranje menciptakan ‘comeback’ di 20 menit akhir ketika menumbangkan Turki 2-1. Total 9 gol telah disarangkan Belanda.

Kontras dengan Belanda, krisis gol agaknya masih dihadapi Inggris. Tim Tiga Singa baru mencetak 5 gol dari 5 laga. Fakta lain, dalam 2 laga di fase gugur, Inggris selalu telat panas lantaran mencetak 3 gol di atas menit 80.

Masalah tersebut tentunya menjadi ‘PR’ bagi Gareth Southgate. Belanda yang kian meyakinkan bisa saja menghukum Inggris lebih cepat serta menggagalkan ambisi sang juru taktik untuk mengulang kemenangan 4-1 pada 1996 silam.

 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

 

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Marc Guehi, John Stones, Kyle Walker; Luke Shaw, Declan Rice, Kobbie Mainoo, Bukayo Saka; Jude Bellingham, Phil Foden; Harry Kane. Pelatih: Gareth Southgate.

Belanda (4-3-3): Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Jerdy Schouten, Xavi Simons, Tijjani Reijnders; Donyell Malen, Memphis Depay, Cody Gakpo. Pelatih: Ronald Koeman. (tti)

Jangan Lewatkan