Home » MAN 3 Padang Borong Juara Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah

MAN 3 Padang Borong Juara Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah

Redaksi
2 menit baca

PADANG, KP – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang kembali menunjukkan keunggulannya dengan mendominasi Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah sebagai Bahan Bakar Alternatif yang diselenggarakan PT Semen Padang. Lomba ini diikuti oleh berbagai sekolah tingkat SLTA/sederajat se-Kota Padang.

Dalam pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah di kompleks PT Semen Padang, Jumat (5/7), MAN 3 Padang berhasil meraih tiga posisi teratas dan satu posisi harapan. Adapun pemenang lomba sebagai berikut:

Juara 1: Tim 3 MAN 3 Padang  

Inovasi: Mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar cair melalui proses pirolisis.

Juara 2: Tim Green Guardian Madrasah MAN 3 Padang  

Inovasi: Metode pengolahan sampah organik menjadi biogas sebagai sumber energi alternatif rumah tangga.

Juara 3: Tim Pupuk Organik MAN 3 Padang  

Inovasi: Pembuatan pupuk organik dari limbah kertas dan daun kering sebagai potensi besar dalam meningkatkan kesuburan tanah secara alami.

Harapan 1:

  1. Dzaki Al-Ayuby dari SMAN 3 Padang

Miftah Bahtiansyah dari SMKN 4 Kota Padang

Harapan 2: Tim Muhammad Refan dari MAN 3 Padang  

Inovasi: Pengolahan limbah pertanian menjadi bioetanol untuk campuran bahan bakar kendaraan bermotor sebagai solusi inovatif masalah energi.

 Harapan 3: Tim Sky Castle dari MAS Ar-Risalah

Kepala MAN 3 Padang Marliza beserta guru pembimbing Irdawati, Nindy Laxmi, Yuli Eka Putri, dan Desy Hidayati, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian ini.

“Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa siswa MAN 3 Padang memiliki kemampuan dan kreativitas luar biasa dalam mengatasi masalah lingkungan. Kami juga bangga tim seni budaya kami lolos tahap ke-2 sebagai utusan Kota Padang pada ajang Myres Kemenag 2024,” ujarnya.

Menurutnya, perlombaan ini sekaligus memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan bimbingan dari para ahli dan praktisi di bidang pengelolaan sampah dan energi alternatif.

“Dengan prestasi yang diraih, MAN 3 Padang diharapkan dapat terus berinovasi dan menginspirasi kita semua untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkas Marliza. (ak/*)

Jangan Lewatkan